Waspada 4 jenis Penyakit Kulit – Kulit merupakan lapisan tubuh yang paling luar yang bertanggung jawab untuk melapisi organ-organ di dalam tubuh manusia. Kulit memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan tubuh dan membuang segala macam kotoran dan produk limbah yang ada di dalam tubuh. Zat sisa akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit berupa keringat.

Waspada 4 jenis Penyakit Kulit

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan kulit, salah satunya dengan menjaga kebersihan dan rutinitas perawatan kulit yang penting. Intinya agar kulit terlihat sehat dan tidak terlihat kusam. Selain itu, menjaga kesehatan kulit juga dilakukan agar kulit tidak mudah terserang berbagai penyakit kulit akibat paparan bakteri, kuman, virus, dan alergi.

Penyakit kulit bisa berbahaya, apalagi jika tidak ditangani dengan baik. Pasalnya, penyakit yang biasanya menginfeksi kulit ini bisa menyebar dan menyebar ke daerah sekitarnya, sehingga akan memperburuk kondisi penderitanya. Berikut beberapa penyakit kulit yang perlu Anda waspadai:

  1. Hemangioma

Penyakit ini akan terjadi ketika ditemukan jaringan darah yang tidak normal di dalam tubuh, yang menyebabkan tumbuhnya daging atau kulit non-kanker. Secara umum, hemangioma muncul di lapisan organ dalam manusia, seperti hati.

Hemangioma adalah penyakit yang mirip dengan tumor pembuluh darah. Pada beberapa orang, hemangioma akan membuat kulit tampak biru atau ungu. Ini terjadi ketika hemangioma muncul di lapisan dalam kulit. Selain di tangan dan kaki, hemangioma bisa muncul di kulit kepala, punggung, dada, atau wajah.

Hemangioma dapat terjadi pada anak-anak sejak mereka lahir. Kondisi ini disebut tanda lahir, dengan gejala yang akan muncul setelah anak berusia beberapa bulan.

  1. Bisul

Seperti diketahui, bisul ditandai dengan adanya benjolan yang muncul dari kulit disertai nyeri, berwarna kemerahan, dan berisi nanah. Bisul terjadi karena infeksi bakteri pada kulit, sehingga bakteri masuk ke pori-pori kulit dan menginfeksi akar rambut (folikel rambut).

  1. Sakit Dingin (Virus Herpes Simplex)

Herpes simpleks adalah penyakit yang ditandai dengan lepuh atau luka yang menyakitkan di mulut atau bibir. Pada dasarnya penyakit kulit ini lebih sering dialami oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa, dan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu dua sampai tiga minggu.

Selain lecet, herpes simpleks ditandai dengan pusing, mual, dan gejala lain yang mirip dengan flu. Pada kasus yang parah, gejala dapat ditandai dengan kesulitan menelan, serta pembengkakan kelenjar getah bening di beberapa area tubuh.

Hal yang harus diwaspadai adalah herpes simpleks merupakan penyakit kulit yang menular. Penularan nya sendiri dapat terjadi melalui air liur dan kontak fisik dengan area kulit yang terbuka. Bahayanya, untuk menularkan kondisi ini seseorang tidak selalu menunjukkan ciri-ciri lecet pada bibir atau mulut.

  1. Selulitis

Selulitis adalah infeksi bakteri yang menyebabkan kulit tampak bengkak, kemerahan, lembut, dan nyeri saat disentuh. Biasanya selulitis terjadi pada kulit kaki, namun tidak menutup kemungkinan area tubuh lainnya. Parahnya, selulitis merupakan penyakit kulit yang bisa membahayakan nyawa penderitanya jika tidak ditangani dengan baik.

Hal ini dapat terjadi karena infeksi dapat menyebar melalui kelenjar getah bening dan pembuluh darah dengan menyerang jaringan di bawah kulit. Meski berbahaya, selulitis bukanlah penyakit kulit yang menular, karena infeksi ini menyerang jaringan kulit bagian dalam, bukan jaringan kulit luar.

Untuk terhindar dari sejumlah penyakit kulit, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Selain itu, jangan lupa selalu pakai tabir surya sebelum keluar rumah, kelola stres dengan baik, makan sehat, makan makanan seimbang, dan punya cukup air untuk tubuh. Produk perlindungan kulit bisa Anda beli pada aplikasi apoteker, kalian juga dapat bertanya seputar harga medical check up pada aplikasi tersebut. Dengan layanan pengiriman, pesanan akan dikirim langsung ke rumah Anda.

Sangat mudah bukan? Maka dari itu segeralah download aplikasi kesehatan yang ada untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kalian dapat langsung bertanya biaya medical check up pada aplikasi tersebut, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.