Tips Perawatan Gear Pada Mesin – Di dalam dunia perindustrian. Mesin gearbox sangat dibutuhkan untuk membantu kegatan produksi. Mesin gearbox secara umum diketahui sebagai susunan roda gigi atau gear yang terdapat dalam housing yang memiliki Ratio atau Output Speed Rpm. Fungsi dari mesin gearbox itu sendir ialahmembantu mengolah bahan mentah menjadi setengah jadi atau bahkan barang jadi. Gearbox sendiri secara umum

Tips Perawatan Gear Pada Mesin

setelah kita mengetahui gearbox secara umum selanjutya mari kemudian kita pahami mengenai berbagai fungsi gearbox itu sendiri sebagai berikut

  • Fungsi pertama dari gearbox adalah sebagai reducer speed atau media untuk mengurangi kecepatan dari power utama atau motor induksi agar melakukan putaran sesuai kebutuhan
  • Gearbox juga berfungsi untuk mengubah kecepatan putaran atau jumlah putaran dari yang Rpm (revolutions per minute) tinggi hingga rendah..
  • Fungsi selanjutnya yaitu untuk menyingkronkan kebutuhan putaran yang diperlukan bagi mesin kerja yang bergerak.
  • Dan fungsi yang terakhir, Gearbox berfungsi untuk merubah beban putar benda kerja yang berat menjadi ringan.

Sedangkan perawatan rutin supaya kondisi Gearbox tetap terjaga dan beroprasi secara optimal dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Check Kondisi Level Oli Gearbox

Lakukan cek berkala dan pastikan kondisi level oli yang ada di dalam gearbox unit Setiap beberapa bulan

segera lakukan isi oli kembali lubrikasi kedalam unit gearbox apabila terjadi low level maka dan segera lakukan pemeriksaan kepada ahli atau orang yang jual gearbox smsr  anda bisa menanyakan kenapa oli bisa berkurang, apakah terjadi kebocoran atau tidak, dengan melihat di level oli yang terdapat pada body gearbox.

  1. Check Kondisi Aliran Sirkulasi Pada Oli

Pastikan anda selalu melakukan pengecekan aliran oli pada unit gearbox melalui flow glass yang berada di body unit gearbox, Setiap Hari atau minggu.  Apakah oli didalam gearbox bisa bersirkulasi normal sesuai settingan atau tidak

  1. Selalu mengechek Kebocoran di Area Unit Gearbox

Adanya kebocoran pada unit gearbox sangatlah penting dikarenakan demi kelangsungan lead time gearbox itu sendiri, karena hal ini berhubungan langsung dengan berkurangnya volume oli di dalam gearbox tersebut. Area yang harus dipastikan kebocoran adalah pada oli seal gearbox yang terdapat pada input & output shaft. Jika terjadi kebocoran pada oli seal, maka segera atur schedule untuk melakukan penggantian pada oil seal baru dan pastikan tipe oil seal sesuai dengan part number yang terpasang.

  1. Melakukan Inspeksi Kondisi Oli Gearbox

Kondisi Oli gearbox atau viscositas oli di cek berkala sesuai dengan panduan, ambilah sample oli pada gearbox tersebut & cek apakah tingkat kekentalan dari oli itu masih layak untuk digunakan. Apabila oli tersebut sudah tidak memenuhi standar tingkat kekentalannya maka segera lakukan penggantian dengan oli baru.

Kondisi Oli gearbox yang perlu untuk dilakukan penggantian dengan oli baru antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kondisi oli gearbox sudah encer.
  • Kondisi oli gearbox bercampur dengan air.
  • Kondisi oli gearbox sudah berubah warna menjadi hitam pekat & berbau.
  • Kondisi oli gearbox sudah bercampur dengan serbuk besi atau gram.
  • Kondisi oli gearbox sudah kotor.
  • Kondisi oli gearbox sudah memasuki schedulegantu atau kadaluarsa time limit. 
  1. Cek filter oli pada unit gearbox

Cek kondisi filter oli setiap 3 bulan sekali sesuai panduan. Pengecekan dapat dilakukan ketika mesin dimatikan atau pada saat jadwal maintenance. Segera bersihkan filter oli yang terdapat kotoran dengan tekanan angin.

Cara mengecek filter oli diantaranya sebagai berikut

  • Buka casing tutup dari filter oli
  • Lepas filter oli
  • Semprot filter oli dengan tekanan angin hingga bersih
  1. Lakukan pengecekan kondisi permukaan dari gigi gearbox

Lakukanlah pengecekan terhadap kondisi permukaan gigi dan gear lainnya dengan efisien  ketika kondisi mesin sedang mati atau saat jadwal maintenance. Apabila terjadi gigi aus atau rusak dipermukaan gear yang bergesekan, lakukan pengecekan dengan cara berikut:

Buka cover unit gearbox dan lakukan cek secara visual apakah ada kerusakan pada gigi/gear gearbox Putar manual secara pelahan shaft gearbox untuk melihat semua bagian dari permukaan gigi gearbox. Lakukan perbaikan atau penggantian unit jika ditemukan kerusakan

itulah tadi berbagai rangkaian perawatan gearbox pada mesin untuk anda terdapat berbagai artike menarik lainnya yang bisa anda baca pada blog kami ini.