Perlukah Penyakit Ambeien Di Operasi? – Wasir atau ambein merupakan penyakit yang dialami pada pria maupun wanita, lebih sering terjadi pada wanita hamil dan orang sembelit atau susah buang air besar. Penyakit ambeien terjadi karena pembengkakan vena di daerah anus atau dibawah anus.

Ambeien ini membengkak bisa di dalam maupun di luar rektum. Penyakit yang sering di anggap sepele ini ternyata bisa mengharuskan pasien perlunya tindakan operasi ambeien. Maka, sering – seringlah minum air putih yang teratur agar feses yang keluar tidak dalam bentuk keras, sehingga tidak perlu mengejan terlalu keras.

Perlukah Penyakit Ambeien Di Operasi?

Dokter ahli bedah digestif melakukan tindakan operasi bagi penderita ambeien jika pasien sudah dalam stadium 3 atau 4. Di mana posisi ambein ini yang berada di dalam rektum (Hemoroid Internal). Karena biasanya penderita dalam stadium ini sudah sulit memasukkan kembali dengan menggunakan tangan dengan disertai rasa sakit yang menggangu aktivitas.

Sedangkan untuk ambeien yang masih stadium 1 atau 2 tidak perlu melakukan tindakan operasi selama tidak terasa sakit dan rektum yang mengalami pembengkakan dapat dimasukkan kembali ke dalam rektum. Tapi perlu diingt, jika anda sudah merasa terganggu dengan ambeien anda, segera kunjungi dokter spesialis ambeien untuk mengecek rektum anda dan apabila perlu dilakukan operasi, maka dokter akan merujuk kepada Dokter ahli bedah digestif yang akan melakukan operasi ambeien sesuai dengan prosedur.

Cara Mengatasi Ambein Tanpa Operasi

Dokter spesialis ambeien menjelaskan bahwa penyakit ambein ini dibagi ke dalam beberapa tingkatan. Pada tingkat rendah yaitu stadium I dan II, biasanya dapat diatasi dengan terapi obat. Namun, obat ini bukan untuk menghilangkan ambeien tapi obat yang diberikan oleh dokter spesialis ambeien ini hanya mengurangi gejalanya saja.

Sebelum ditentukan perlunya tindakan operasi, ada beberapa pertolongan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ambeien. Ini soal faktor kebiasaan yang harus anda ubah. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan? Simak penjelasan berikut.

Menghindari Menahan BAB

Seseorang yang sering menahan buang air besar beresiko terkena ambeien. Kenapa? Karena feses yang tertahan di dalam usus besar lama kelamaan akan mengeras, sehingga orang akan sulit untuk mengeluarkannya dan mengejan terlalu keras. Akibatnya keluarlah benjolan rektum.

Menjaga Pola Makan

Banyak orang beranggapan bahwa mengkonsumsi makanan dengan rasa pedas dapat memicu terjadinya wasir atau ambeien. Memang benar, tapi tidak secara langsung. Hanya saja jika pedasnya ini sampai membuat seseorang mengalami sakit perut dan terjadi diare secara terus – menerus dalam waktu yang cukup lama.

Untuk itu hindari makanan pedas dan perbanyaklah makanan yang mengandung serat serta perbanyak minum air putih. Kenapa begitu? Sebab makanan yang mengandung serat dapat menurunkan pendarahan, inflamasi, dan pembengkakan lebih lanjut. Buang air besar pun akan lebih lancar.

Olahraga Teratur

Olahraga selain dapat mencegah ambeien, tapi juga dapat menyehatkan tubuh lainnya. Orang yang berkeringan sering dikaitkan dengan orang sehat dan yang jarang berkeringat artinya orang tersebut tidak dalam kondisi kurang sehat. Anda diharuskan berolahraga karena ternyata orang yang memiliki berat badan berlebih salah satu faktor pencetus wasir. Meskipun olahraga ini baik untuk dilakukan, tapi hindari jenis olahraga mengangkat beban yang terlalu berat.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyakit ambein, silahkan hubungi dan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis ambeien terbaik anda. Semoga semua pertanyaan anda selama ini dapat terjawab semua oleh dokter spesialis ambeien anda.