Mengenal dan Memahami Algoritma Google – Pada tahun 2020, algoritma Google terbaru diperbarui dan dirilis dalam 3 periode. Nah, pada Mei 2021 tepatnya, Google berencana melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengguna atau halaman. Pembaruan ini berarti bahwa Google akan menambahkan beberapa indikator untuk menentukan posisi situs web di mesin pencari.

Mengenal dan Memahami Algoritma Google

Algoritme Google perlu diperbarui secara berkala. Tujuannya tentu saja untuk memecahkan masalah dan meningkatkan kualitas layanan kepada pengguna agar tetap menggunakan Google sebagai mesin pencari pilihan mereka di dunia maya.

Jadi apa algoritma terbaru Google yang akan dirilis pada bulan Mei?

Page Experience Algorithm Update

Seperti yang disebutkan sebelumnya, algoritme 2021 akan fokus pada pengalaman halaman atau pengalaman pengguna. Ada beberapa faktor yang penting bagi Google untuk meningkatkan kepuasan pengunjung web, antara lain:

Kecepatan memuat halaman

Di era serba instan ini sangat wajar bagi para pengguna internet menginginkan akses yang cepat saat mencari informasi dari sebuah website. Idealnya, pengguna harus dapat mengakses informasi yang mereka butuhkan dalam waktu kurang dari 3 detik. Jadi semakin cepat kecepatan pemuatan halaman suatu situs web, semakin baik nilai pengalaman pengguna.

Untuk memastikan bahwa situs web kami tidak akan dipindahkan setelah Mei 2021 karena algoritme terbaru, harap pastikan bahwa kecepatan pemuatan cukup. Anda dapat memanfaatkan situs seperti GTmetrix. Anda hanya perlu memasukkan alamat situs lalu klik tombol “Analyze” untuk mengetahui seberapa cepat kecepatan loading situs yang dikelola.

Mobile friendly

Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone untuk berselancar di internet. Jadi jika sebuah website tidak fleksibel atau responsif saat diakses melalui smartphone, bisa dipastikan peringkatnya akan bergeser setelah algoritma terbaru dirilis nanti.

Mulai sekarang, buatlah website yang terlihat nyaman saat Anda mengaksesnya melalui PC atau smartphone. Beberapa host biasanya menawarkan fitur pengaturan seluler agar kita tahu seperti apa tampilan situs web saat diakses melalui Android atau iPhone.

Selain tampilan, pastikan konten atau konten website juga mobile-friendly ya. Misalnya Anda ingin membuat konten berupa artikel. Agar mobile-friendly, pastikan setiap paragraf hanya terdiri dari 4-5 baris agar pengunjung dapat membaca dengan nyaman.

Penggunaan HTTPS di URL

Rata-rata situs web tidak lagi menggunakan https di alamat URL-nya. Dengan menggunakan https, semua informasi pribadi, seperti PIN dan kata sandi, dapat dienkripsi dengan benar. Oleh karena itu, dalam update algoritma 2021, Google akan memastikan setiap website dapat mengamankan data pengunjung.

Setelah algoritme baru dirilis, Google akan memilih situs tanpa https dan menganggapnya berkualitas rendah. Sekarang ubah alamat situs web menjadi https.

Navigasi situs web yang luas

Petunjuk arah website yang ramah masyarakat dapat dilihat dari navigasi yang ada di situs tersebut. Itu sebabnya Google memperhitungkan navigasi di situs dalam pembaruan algoritme terbaru. Tujuan navigasi adalah untuk memudahkan pengunjung. Selain itu, tools ini juga akan bertahan lama karena dapat memahami isi website dengan baik.

Pengurangan pop-up

Kita pasti kesal ketika ada sponsor poo-up yang menutupi konten website. Dalam algoritma terbaru, Google menganggap situs dengan banyak pop-up sebagai spammer. Jadi jika Anda masih memasang iklan pop-up sampai sekarang. Pastikan untuk mengurangi atau bahkan menghapusnya agar situs dapat bertahan setelah algoritma Google yang baru dirilis.

Algoritma google harus dipahami apalagi selaku orang yang menerima layanan atau jasa seo untuk website yang ingin di optimasi. Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami berikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua ya.