Mengenal apa itu UI/UX Desain– User Interface (UI) serta User Experience (UX) dalam pengembangan web serta aplikasi memanglah amat berarti serta silih berhubungan. Tetapi, manakah yang lebih berarti di antara keduanya? Apakah baik di salah satu bagian saja telah lumayan? Ataupun butuh keduanya?

Mengenal apa itu UI/UX Desain

Penasaran gimana uraiannya? Kamu hendak temui uraian sangat komplit hal perbandingan UI serta UX di postingan kali ini. Tidak cuma itu, kita pula hendak membagikan ilustrasi aplikasi UI serta UX pada web serta aplikasi. Langsung saja ayo ikuti uraiannya selanjutnya ini!

User Experience (UX) ialah cara merancang sesuatu produk lewat pendekatan konsumen. Dengan pendekatan ini, Kamu jadi dapat menghasilkan produk yang cocok dengan keinginan serta kemauan konsumen.

Produk dengan konsep UX yang bagus hendak menghasilkan pengalaman yang mengasyikkan untuk konsumen dikala memakai produk Kamu. Konsumen jadi gampang serta aman dikala memakai produk.

Ada pula, bagian UX ini mencakup gimana fitur- fitur yang diadakan pada produk, bentuk konsep, pelayaran pemakaian produk, pandangan visual design, serta semua pandangan interaksi dengan konsumen. UX pula mencakup gimana Kamu memastikan branding, konten, serta copywriting yang cocok dengan sasaran konsumen Kamu.

Semacam yang dituturkan tadinya, UI merupakan bagian dari UX yang berbentuk bentuk visual design suatu sistem. Bentuk itu membolehkan konsumen tersambung serta berhubungan dengan sesuatu produk.

Tidak hanya berperan bagaikan calo, UI pula berperan buat mempercantik bentuk alhasil bisa tingkatkan kebahagiaan konsumen. Tetapi, tidak cuma wajib bagus, UI pula wajib gampang dipakai.

Sebagian bagian UI antara lain merupakan bagian tombol, simbol tipografi, tema, layout, kartun yang tampak pada produk, serta visual interaktif yang lain. Seluruh bagian UI itu didesain dengan berpusat pada keelokan serta keringanan konsumen. Jadi, konsumen bisa menikmati produk Kamu.

Perbandingan User Interface (UI) serta User Experience (UX)

Mengenal apa itu UI/UX Desain

Sehabis mengenali penafsiran dari UI serta UX, apakah saat ini Kamu telah mengenali perbandingan di antara keduanya? Bila belum, hening saja. Selanjutnya ini kita hendak paparkan apa saja sesungguhnya perbandingan UI serta UX.

  1. Tujuan Desain

Perihal yang pokok mengenai perbandingan UI serta UX merupakan tujuan desain nya. Fokus pembuatan konsep UI serta UX amatlah berlainan. Konsep UI pada suatu produk bermaksud buat membuat cantik bentuk produk. Sedangkan konsep UX didesain buat membagikan pengalaman yang mengasyikkan dikala memakai produk.

Fokus konsep UI merupakan keelokan bentuk, sedangkan fokus konsep UX merupakan kebahagiaan memakai produk.

Sederhananya, konsep UI hendak pengaruhi opini awal konsumen memandang produk Kamu. Sedangkan itu, UX pengaruhi gimana pengalaman konsumen dikala memakai produk.

  1. Cara Desain

Tujuan konsep yang berlainan pula pengaruhi prosesnya. Oleh karena itu, cara mengonsep UI serta UX juga berlainan.

Sebab berpusat pada user experience, cara konsep UX berdasarkan studi konsumen alhasil menciptakan produk yang digemari serta diperlukan oleh sasaran konsumen. Prosesnya juga lewat banyak langkah serta menginginkan kedudukan banyak pihak, salah satunya ialah UX researcher. Sehabis melaksanakan studi, pendesain mengonsep coretan konsep dengan wireframe serta prototype.

Sedangkan itu, konsep UI pula membutuhkan studi. Tetapi, studi yang dicoba ialah studi konsep buat membuat konsep yang menarik serta cocok dengan rancangan. Di mari, pendesain UI pula butuh mengonsep bentuk konsep ialah dengan membuat mockup terlebih dulu.

  1. Bagian Desain

Bagian yang membuat Konsep UI berpusat pada keelokan bentuk penciptaan. bagian UI itu di antara lain mencakup corak, lukisan serta film kartun, typography, buttons, serta visual interaksi yang lain.

Sedangkan itu, bagian konsep UX mencakup nyaris semua bagian pada sesuatu produk semacam fitur- fitur, bentuk konsep, serta pelayaran. Tercantum pula bentuk interface, copywriting, sampai branding, alhasil dibutuhkan kerja sama regu buat menciptakan konsep produk yang bagus.

  1. Tools yang Digunakan

Cara pembuatan yang berlainan pasti menginginkan tools yang berlainan. Buat pendesain UI, keelokan lukisan amatlah berarti. Jadi mereka menginginkan aplikasi yang men support pembuatan konsep interface yang perinci.

Terdapat banyak aplikasi konsep UI yang ada semacam Flinto, Principle, Frames X, Adobe illustrator, dan lain- lain. Aplikasi itu dilengkapi sebagian tools pendukung pendesain UI semacam tools meningkatkan unique interaction icon, easy transitions, UI assets and kits, dan lain- lain.

Sedangkan itu, pendesain UX lebih menginginkan aplikasi prototyping konsep supaya gampang memperoleh feedback dari konsumen. Sebagian aplikasi prototyping konsep yang men support pendesain UX merupakan: Sketch, InVision, Figma, Adobe XD, Axure, dan lain- lain.

Sebagian fitur yang ada semacam ada fitur collaboration, real- time editing, easy to test design, dan lain- lain. Fitur itu hendak mempermudah pendesain UX memperoleh feedback buat menciptakan produk yang user- friendly

  1. Keterampilan yang Dibutuhkan

Jadi pendesain UI serta pendesain UX menginginkan keterampilan tertentu. Sebagian keterampilan yang diperlukan seseorang pendesain UI merupakan konsep grafis, design branding, creative thinking, serta convergent thinking. Keterampilan itu wajib dipunyai oleh pendesain UI dalam merancang bentuk produk supaya nampak menarik serta gampang buat interaksi.

Sedangkan seseorang pendesain UX bertanggung jawab membuat konsep produk dengan pendekatan konsumen supaya gampang dipakai. Oleh karena itu, mereka wajib mempunyai keterampilan melaksanakan studi, analytical thinking, dilema solving, critical thinking, serta creative thinking.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa UI merupakan bagian dari UX. Keduanya merupakan elemen penting yang saling dibutuhkan satu sama lain dalam pengembangan website atau aplikasi.

Jika desain dari UX suatu produk sangat baik akan tetapi desain UI tidak bagus, sudah pasti first impression pengguna juga tidak akan bagus. Sama halnya, jika desain dari UI suatu produk bagus, tetapi desain UX-nya tidak bagus, pengguna tidak akan suka menggunakan produk tersebut.

Jadi, keduanya harus memiliki desain yang baik sehingga produk Anda disukai oleh pengguna secara keseluruhan. Dengan begitu manfaat produk pun juga dapat dirasakan oleh pengguna. Mungkin itulah penjelasan secara detail tentang perbedaan UI dan UX. Jika Anda mempunyai pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia, ya!