Manfaat Madu untuk Sakit Tenggorokan – Sakit tenggorokan dapat mengganggu makan dan minum. Sebenarnya, berbicara dengan diri sendiri itu tidak nyaman. Jika ini terjadi dengan intensitas ringan, ada beberapa pengobatan rumahan yang sering digunakan sebagai alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan, termasuk madu. Bagaimana cara kerja madu untuk meredakan sakit tenggorokan? Lihat penjelasan lebih lanjut di sini.

Manfaat Madu untuk Sakit Tenggorokan

Untuk mengobati masalah sakit tenggorokan, Anda bisa mencampurkan madu dengan segelas air hangat atau teh dan meminumnya selagi masih panas. Selain itu, madu efektif meredakan sakit tenggorokan yang disertai batuk. Sejumlah manfaat tersebut bisa terjadi karena madu mengandung banyak kandungan berkhasiat, seperti:

  1. Antioksidan;
  2. Anti-inflamasi;
  3. Antimikroba;
  4. antikanker;
  5. Antivirus;
  6. Antijamur;
  7. Antidiabetes.

Kehadiran sejumlah bahan yang baik membuat madu efektif dalam menyembuhkan infeksi dan radang, termasuk sakit tenggorokan. Namun, tidak disarankan untuk memberikan madu kepada bayi di bawah usia satu tahun. Bayi yang makan madu berisiko terkena botulisme karena spora Clostridium botulinum yang ditemukan dalam produk madu. Spora ini berubah menjadi bakteri di usus dan menghasilkan neurotoksin berbahaya di dalam tubuh.

Jenis madu apa yang harus saya makan?

Jika Anda ingin mendapatkan sejumlah manfaat, Anda harus memilih madu terbaik yang belum diolah. Madu mentah yang belum disaring atau diproses dengan cara apa pun biasanya mengandung semua vitamin, mineral, dan senyawa sehat lainnya yang terjadi secara alami. Namun, madu mentah mungkin mengandung jumlah serbuk sari yang sedikit lebih tinggi, sehingga dapat digunakan untuk meredakan alergi musiman.

Selain memiliki kandungan yang baik, harga madu mentah sedikit lebih mahal dibandingkan dengan madu yang telah melalui banyak proses. Jangan berikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. Ini karena madu mentah dapat menyebabkan botulisme, yaitu keracunan serius yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium botulinum.

Jika Anda kesulitan mendapatkan madu mentah, Anda bisa mengonsumsi madu yang sudah diolah. Namun, Anda harus membaca label kemasan dengan cermat untuk mengetahui isi atau bahan tambahan lainnya.

Tiga bahan alami lainnya yang dapat meredakan sakit tenggorokan

Selain madu, apa lagi yang bisa meredakan sakit tenggorokan?

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah produk alami yang digunakan untuk beberapa gangguan. Bahan aktif utama adalah asam asetat yang bekerja melawan bakteri. Cuka sari apel yang dikombinasikan dengan madu dapat mengobati gejala flu, seperti batuk dan sakit tenggorokan. Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minumlah segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu.

  1. Air lemon

Air lemon juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang terjadi ketika jumlah radikal bebas dan antioksidan tubuh tidak seimbang.

Lemon juga meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu menjaga selaput lendir tetap lembab. Cobalah kombinasi lemon, air hangat, dan sedikit madu atau garam untuk memaksimalkan manfaatnya.

  1. Jahe

Jahe memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Ekstrak jahe dapat membunuh bakteri dan virus tertentu yang menyebabkan penyakit pernapasan. Jahe juga dapat mengurangi peradangan pada penderita TBC, yaitu penyakit paru-paru.

Cara penyajiannya adalah dengan menghancurkan jahe, lalu direbus dan diminum selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan gula merah untuk menambah sensasi rasa. Semoga berhasil!

Jika beberapa bahan alami ini tidak bisa mengatasi sakit tenggorokan Anda, silakan pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan ragu untuk konsultasikan kepada dokter mengenai harga medical check up agar kesehatan Anda tetap terjaga.