Kenali Apa itu Backlink – Apa itu backlink? Backlink merupakan salah satu aspek penting yang dapat menentukan posisi sebuah website dalam query mesin pencari. Akibatnya, pertanyaan tentang apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink gratis sering terlintas di benak sebagian besar blogger dan pengembang web.

Kenali Apa itu Backlink

Mempelajari dan memahami konsep backlink tidaklah mudah. Pasalnya, selalu ada aturan dari Google yang membatasi setiap gerakan yang dianggap berbahaya oleh banyak orang. Salah satunya adalah hadirnya algoritma Google Penguin yang diplot untuk menurunkan peringkat situs dengan jumlah backlink spam yang tidak relevan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang backlink dan perintilanya yang berbeda, dalam artikel ini kami telah merangkum secara khusus pengertian backlink lengkap dengan contoh backlink, tips, hingga panduan cara mendapatkan backlink gratis berkualitas tinggi. Penasaran apa saja isinya? Yuk, kita simak bersama.

Apa itu backlink?

Backlink adalah istilah untuk merujuk pada link/tautan yang mengarah ke website kita. Backlink dapat digunakan sebagai referensi untuk mempermudah pengguna atau hanya untuk tujuan optimasi agar website kita lebih populer di mata mesin pencari. Dari segi manfaat, backlink dibagi menjadi dua jenis yaitu dofollow dan nofollow. Kedua jenis backlink di atas sebenarnya tidak berbeda sama sekali jika dilihat secara kasat mata.

Namun backlink jenis dofiollow lebih disukai karena memiliki nilai tinggi di mata mesin pencari, sedangkan jenis nofollow relatif kurang diminati karena tidak berpengaruh signifikan terhadap website. Saat ini, kebutuhan akan backlink berkembang pesat seiring dengan maraknya kampanye berbasis SEO sebagai strategi untuk menarik calon pembeli. Jadi, adakah tips atau cara ampuh untuk menemukan backlink berkualitas tinggi?

Tips mencari backlink berkualitas

Ada beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas, baik yang gratis maupun yang berbayar. Untuk metode gratis, Anda dapat memanfaatkan metode posting profil backlink, bookmark sosial atau posting tamu.

Sedangkan untuk mendapatkan backlink berbayar yang berkualitas bisa melalui kolaborasi penempatan konten atau sponsored post. Berikut adalah tips untuk menemukan backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan website Anda.

  1. Buat konten yang unik dan menarik

Bukan rahasia lagi bahwa konten yang bagus akan menarik banyak orang untuk membaca dan mereferensikannya. Jadi fokuslah untuk menemukan ide-ide baru untuk ditulis.

Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi referensi situs otentisitas seperti Wikipedia yang dikenal menyediakan backlink berkualitas.

  1. Aktif membangun persahabatan

Jika Anda seorang blogger, jangan lewatkan bergabung dengan komunitas. Misalnya di tangerang ada KBT (Tangerang Blogger Community) yang menjadi sarana efektif untuk bertukar pikiran dan menambah jaringan pertemanan.

Jika Anda beruntung, mungkin ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website Anda dan ingin diajak bertukar link.

  1. Tuliskan informasi yang Anda cari

Untuk bisa menyajikan konten yang berkualitas, ada beberapa cara yang bisa diikuti, di antaranya mencari topik diskusi yang sedang banyak diminati.

  1. Blogwalking ke website dengan topik yang sama

Aktivitas blogwalking sudah mulai dihentikan karena dinilai cukup merepotkan dan kurang ampuh untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian. Namun bagaimana jika blogwalking dilakukan pada blog atau website dengan topik yang sama? Coba lihat sendiri efeknya.

Sedangkan jika Anda tidak ingin bosan dengan blogwalking tetapi ingin mendapatkan backlink yang berkualitas, Anda bisa menggunakan layanan backlink marketplace seperti RajaBacklink yang dipercaya oleh ratusan pengiklan dari seluruh Indonesia.

  1. Gunakan Tools

Untuk mempermudah proses pencarian backlink, Anda juga bisa menggunakan tools seperti Ahrefs, MOZ atau Majestic yang bisa menampilkan data backlink dari website kompetitor aplikasi atau tools ini biasanya digunakan oleh pakar SEO dan juga orang yang membuka jasa SEO. Berdasarkan data ini, Anda kemudian dapat mengurutkannya menjadi tujuan untuk membangun tautan yang lebih optimal. Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan, sehingga Anda harus menginvestasikan uang yang cukup besar.