Contoh SEO On Page – Dalam SEO terdapat banyak faktor yang wajib kalian perhatikan untuk mudah naik pada peringkat di hasil pencarian. Untuk memudahkan itu semua, SEO dibagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Pada kesempatan kali ini kami hanya membagikan mengenai SEO On Page kepada kalian untuk yang ingin tahu penjelasannya, kalian dapat menyimak penjelasannya berikut ini.

Contoh SEO On Page

SEO On Page itu sendiri adalah praktik Optimasi SEO yang dilakukan pada konten yang diterbitkan. Langkah Optimasi on page SEO fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten. Secara sederhana, on page SEO dapat diartikan sebagai langkah Optimasi meningkatkan kualitas konten agar mudah dibaca dan dipahami pembaca website atau blog. 

Tidak hanya itu saja, on page SEO yang di Optimasi dengan baik juga dapat memudahkan mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi website Anda dengan kata kunci yang dicari. Hal ini yang nantinya dapat memberikan kedudukan tertinggi untuk situs kalian yang ada pada mesin pencarian.

Lalu apa saja sih Contoh SEO On Page? Inti dari semua point yang ada pasti kalian ingin mengetahui contohnya saja bukan. Baiklah kami akan memberikan kepada kalian semua mengenai Contoh SEO On Page serta hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika membangun website baru pada kalian. Mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

  1. Nama Domain

Kalian dapat menggunakan beberapa contoh domain seperti yang ada pada dibawah ini:

  • brand domain (detik.com, kompas.com,mashable.com,dll).
  • partial match domain. Berupa sebagian keyword ditambah kata lain (wisataunik101.com, denahrumahkami.com, dll)
  • exact match domain. Domainnya menggunakan keyword (pesanhotel.com, wisataalam.com, androidterbaik.com,dll)

Partial match dan exact match domain terkadang lebih mudah naik di SERP. Cuma saat optimasi offpage rada mudah kena over optimasi juga tanpa sengaja, karena anchor text yang mengarah ke homepage cenderung menggunakan keyword yang di targetkan.

Contoh SEO On Page

Saya lebih menyarankan untuk menggunakan brand domain, atau partial match domain saja. Gunakan nama domain yang enak, mudah di ingat, unik, dan mudah untuk diketik.

Dalam membuat domain kami menyarankan kepada kalian semua untuk menghindari beberapa hal seperti dibawah ini:

  • menggunakan karakter unik seperti strip ( – ) di dalam nam domain.
  • hindari angka dalam domain, jika tidak begitu perlu mah
  • hindari juga nama domain yang terlalu panjang

Mengapa hal itu perlu kalian hindari, karena apabila kalian menggunakan angka atau tanda pada domain kalian, hal itu dapat menyulitkan program SEO yang nantinya akan kalian jalankan. Namun apabila kalian tidak menjalankan SEO ya tidak ada masalah juga, tergantung pada pilihan kalian juga sih semuanya.

2. Page Speed

Intinya semakin cepat loading website, semakin bagus website yang kalian miliki. Gunakan theme yang tidak begitu berat. Jika anda menggunakan wordpress, gunakan plugin seperlunya saja.

Jika perlu manfaatkan cloudflare dan plugin cache semacam fastest cache, super cache, dan lain sebagainya.

Pilih juga hosting yang bagus karena hosting juga dapat mempengaruhi bagaimana ke depannya situs yang kalian miliki. Kalau perlu, sekalian saja pakai VPS semacam VULTR. Sekarang udah lebih terjangkau juga harganya. Ngga jauh dari harga shared hosting.

3. Mobile Friendly

Pastikan kalian menggunakan theme yang responsive serta mobile friendly. Trend sekarang di banyak niche, pengguna internet dari smartphone terus meningkat.

Blog-blog yang saya kelola rata-rata 80% visitor datang dari smartphone. Sayang bukan jika situs yang kita miliki tidak di optimasi untuk ini.

Kalian dapat cek situs kalian mobile friendly atau tidak dengan link berikut ini via google https://search.google.com/test/mobile-friendly

4. URL Artikel

Rata-rata blog yang saya baca menyarankan URL artikel yang ringkas dan penggunaan keyword di dalam URL artikel. Saat kami praktek, URL panjang atau pendek tidak begitu jauh beda hasilnya.

Cuma memang URL pendek lebih enak terlihat. Lagian para blogger itu udah tes soal ini, jadi kami hanya memberikan informasinya saja pada kalian manut.

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua mengenai apa yang perlu diperhatikan saat membangun website baru dan Contoh SEO On Page. Semoga penjelasan diatas dapat membantu kalian semua, semoga bermanfaat.