Cara Beriklan di Google – Saat ini lebih dari 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencarian Google untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Hal ini dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan bahwa, pada Google memiliki pangsa pasar pada mesin pencarian sebesar 96,84 persen, YANDEX RU sebesar 1,32 persen, Yahoo sebesar 1,07 persen, dan Bing sebesar 0,43 persen, DuckDuckGo sebesar 0,29 persen, dan Baidu sebesar 0,02 persen. 

Cara Beriklan di Google

Berdasarkan penjelasan diatas kita dapat membuat kesimpulan bahwa saat ini Google menjadi salah satu media iklan yang paling banyak digunakan dan paling banyak diminati. Dengan ramainya peminat pada Google, hal ini menjadikan peluang yang menjanjikan untuk para pengusaha untuk memulai beriklan pada mesin pencarian Google.

Dengan beriklan pada Google, kita dapat menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang relevan dengan bisnis yang ingin kita geluti. Hal ini juga menjadikan peluang yang sangat menjanjikan untuk menarik konsumen untuk melihat bisnis yang kita jalani.

Akan tetapi apa kalian semua tahu betul akan cara beriklan di Google? Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang mengerti, namun masih banyak di luar sana yang masih belum mengerti mengenai beriklan pada Google. So, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi kepada kalian semua mengenai beriklan pada Google. Mari langsung saja kita simak penjelasannya berikut ini.

  1. Tentukan Tujuan Iklan Kalian

Langah awal yang perlu kalian siapkan untuk memulai beriklan adalah menentukan tujuan iklan yang jelas. Hal ini sangat penting untuk kalian pahami dengan betul, karena banyak para pebisnis yang melakukan kesalahan karena tidak memiliki tujuan yang pasti.

Jika kalian tidak menentukan tujuan iklan yang akan kalian jalani hal ini dapat berakibat hanya membuang – buang uang serta iklan yang akan kalian jalani akan menjadi tidak efektif dan tidak relevan. Maka penting sekali untuk menentukan tujuan iklan yang akan kalian jalani.

Cara Beriklan di Google
  1. Tentukan Tempat untuk Beriklan

Google memberikan fitur yang dapat kalian gunakan adalah menentukan lokasi tempat iklan dimana akan dituju. Pada Cara beriklan di Google yang satu ini memberikan kemudahan kepada kalian untuk menentukan pada siapa iklan akan dilihat, negara mana yang akan kalian tuju, serta kategori iklan apa yang akan kalian pilih. Hal ini sangat membantu kalian untuk menentukan mau ke mana bisnis kalian akan berkembang.

  1. Riset Kata Kunci

Menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat untuk iklan kamu menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis kamu. Kamu harus melakukan riset untuk menemukan kata kunci yang tepat (sesuai dengan bisnis) kamu, serta kata kunci yang banyak digunakan oleh audiensi. 

Untuk meriset kata kunci, ada beberapa tools yang bisa membantu kamu seperti Google Keyword PlannerKWFinder, atau Google Suggest

  1. Tentukan Anggaran Iklan

Langkah terakhir yang perlu kalian persiapkan untuk mengetahui cara beriklan di Google yaitu menentukan biaya yang akan kamu keluarkan. Anggaran beriklan di Google Ads sangat fleksibel. Silakan ditentukan berdasarkan besarnya bisnis, ketersediaan anggaran, ataupun profit kamu. Perlu diingat, semakin banyak budget, semakin banyak kunjungan, dan semakin besar pula peluang untuk jumlah penjualan.

Untuk menentukan anggaran biaya untuk bisnis kamu cukup mudah, tinggal tentukan budget yang akan kamu keluarkan dan waktu tayang iklan. Dan untuk anggaran biaya harian didapat dari jumlah budget dibagi dengan jumlah waktu tayang iklan. Misalnya menggunakan biaya sebesar Rp 3.000.000 untuk 30 hari iklan, maka anggaran biaya setiap harinya yaitu Rp 100.000.

Setelah mempersiapkan 4 hal diatas, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu buat iklan di situs resmi Google Ads. 

Cara Pasang Iklan pada Google:

  1. Buka Google Ads
  2. Klik “Mulai Sekarang”
  3. Masukkan Tujuan Campaign

Dalam beriklan pada Google, Google menyediakan beberapa tujuan campaign untuk bisnis kamu, seperti meningkatkan penjualan produk, jumlah klien, website trafficproduct and brand considerationbrand awareness and reach, dan mempromosikan aplikasi. 

  1. Pilih Jenis Tampilan Google Ads dan klik “Continue

Dalam beriklan pada Google Ads, Google menyediakan 5 Jenis tampilan Google Ads yang bisa kalian gunakan, berikut diantaranya:

  • Search Ads: Jenis iklan yang muncul ketika seorang usermelakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu.
  • Display Ads: Jenis iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.
  • Shopping Ads: Jenis iklan yang menyediakan berbagai informasi produk seperti gambar produk, harga, serta nama penjual. 
  • Video Ads: Jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
  • Universal APP Campaign: Jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan sebuah aplikasi.  

Kalian hanya perlu memilih salah satu jenis tampilan iklan yang sesuai dengan tujuan iklan kamu.

  1. Pilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan
  2. Tentukan Target Audiensi
  3. Tentukan Anggaran Harian

Tentukan anggaran harian maksimal yang ingin kamu keluarkan setiap hari (isi nominal tanpa titik). Anggaran harian bergantung dari biaya per klik per kata kunci dan jumlah klik yang di dapat dalam satu hari.

Jika kamu memilih banyak kata kunci yang kompetitif, tentu biaya per kliknya jadi lebih mahal dengan jumlah pencarian yang lebih banyak setiap harinya. Untuk awal-awal bisa dimulai dengan menggunakan anggaran yang lebih sedikit, kamu bisa merubahnya jika dirasa kurang atau terlalu banyak di hari berikutnya (setelah melihat kinerja iklan yang kamu buat).

  1. Tentukan Bidding
  2. Tambahkan Informasi lainnya pada Bisnis kalian
  3. Masukan Kata Kunci yang ingin kalian jalankan
  4. Buat Tampilan Iklan
  5. Siapkan Detail penagihan

Setelah pembayaran tagihan selesai, iklan kamu akan tayang jika sudah disetujui. Itulah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memasang iklan di Google. Apabila kalian masih kesulitan akan langkah diatas, kalian dapat menggunakan layanan jasa beriklan yang banyak disediakan oleh perusahaan pembuatan website, semoga bermanfaat.