Bentuk Kemasan Makanan yang Sedang Tren – Kemasan makanan kini menjadi pilihan para pelaku bisnis untuk menarik perhatian konsumen. karena zaman terus berkembang, inovasi produk makanan juga harus terus berlanjut. Salah satunya adalah dalam kemasan makanan.

Kemasan adalah hal pertama yang dilihat konsumen sebelum membeli sesuatu. Desain kemasan yang menarik otomatis akan menimbulkan minat konsumen untuk membeli. Jangan heran jika semakin banyak produk makanan yang tersedia dengan kemasan yang unik dan juga menarik berbeda dengan kompetitor.

Desain kemasan kekinian seperti apa yang biasanya efektif memikat hati konsumen? Di bawah ini telah kami rangkum beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mempersiapkan pengemasan produk makanan Anda.

Bentuk Kemasan Makanan yang Sedang Tren

Kemasan dalam bentuk kotak dan kemasan plastik masih digemari oleh produsen. Berikut beberapa contohnya:

  1. Kotak Makanan Kertas (BOX)

Kemasan makanan kertas seperti kotak makan benar-benar mencerminkan eksklusivitas suatu produk. Hal ini juga dapat meningkatkan nilai elegan produk makanan. Paper food box ini banyak digunakan untuk meningkatkan penjualan suatu produk contoh kemasan kotak makanan kertas (box) yaitu lunch box kertas yang memberikan kesan menarik perhatian untuk konsumen.

Baca juga: jual lunch box kertas

Kemasan jenis ini juga bisa Anda temukan di banyak produk makanan kemasan seperti rice bowl. Belakangan ini beberapa makanan ringan seperti donat juga menggunakan kotak ini. Kemasan ini tidak hanya terlihat lebih menarik, tetapi juga praktis untuk dibawa oleh konsumen.

  1. Box Bersekat

Produk seperti cokelat menggunakan kemasan kotak bersekat untuk menarik lebih banyak pelanggan. Bentuk dari produknya sendiri biasanya digunakan oleh konsumen sebagai bingkisan atau bingkisan pada saat-saat tertentu. Misalnya hari libur atau Hari Valentine.

Tujuan dari sekat pada kotak adalah untuk mencegah makanan saling menempel. Selain itu, kemasan ini jelas meningkatkan nilai jual produk karena terlihat lebih eksklusif. Produsen dengan target pasar menengah ke atas sering menggunakan insulated box untuk membuatnya menarik.

  1. Plastik Dove

Untuk usaha kue rumahan, sudah lumrah ditemukan plastik merpati. Misalnya pada cookies atau bentuk pastry lainnya. Plastik dove ringan dan praktis sehingga sering menjadi pilihan para pebisnis pemula.

Berkat sifatnya yang transparan, pembeli bisa langsung melihat bentuk dan warna produk. Selain itu, ketebalan plastik pigeon jauh lebih baik dari plastik transparan biasa. Pebisnis hanya perlu menambahkan stiker seperti label atau pita agar terlihat lebih cantik.

  1. Kotak aluminium foil

Untuk makanan siap saji yang membutuhkan proses pemanasan, para pebisnis biasanya menggunakan kotak aluminium foil. Bungkus ini biasa ditemukan pada makanan buatan sendiri seperti makaroni, pasta, dan lain-lain.

Selain mampu menahan panas dengan baik, aluminium foil juga membuat produk lebih awet. Selama penyimpanannya benar, produk makanan siap saji tidak cepat rusak.

  1. Standing Pouch

Oleh karena itu, ini adalah bentuk kemasan yang paling terkenal dalam beberapa tahun terakhir. Stand up pouch cocok untuk semua jenis makanan, mulai dari makanan ringan, produk beku, kopi hingga makanan siap saji.

Meski terbuat dari plastik, kemasan ini bisa berdiri tegak dan itulah yang menarik konsumen. Apalagi kalau kemasannya cantik, alias full colour. Tren kemasan stand up pouch dipastikan akan terus populer hingga lima tahun ke depan.